Bahaya Kolesterol Tinggi Jika Tidak Diobati

Bahaya Kolesterol Tinggi Jika Tidak Diobati
Kolestrol salah satu penyakit berbahaya, karena bisa menyebabkan aterosklerosis. Penumpukan plak yang terjadi di dinding pembuluh darah arteri. Tak ayal terjadi penyumbatan aliran darah sebagian atau seluruhnya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.
Jika aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner), mungkin akan merasa nyeri dada (angina) dan gejala penyakit jantung koroner lainnya.
Seiring waktu, plak bisa pecah dan menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak. Jika gumpalan darah cukup besar, bisa menghalangi aliran darah ke jantung dan membuat otot jantung kekurangan oksigen. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, bagian otot jantung mulai mati dan serangan jantung bisa terjadi.
Plak juga bisa terbentuk di pembuluh darah arteri pada bagian tubuh lain, selain jantung, seperti pembuluh darah arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan anggota badan. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah tersumbat dan mengakibatkan masalah, seperti penyakit arteri karotid, penyakit arteri perifer, dan stroke.
Pertanyaan bagaimana cara menurukan kolesterol tinggi dengan obat alami? Tak perlu khawatir, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. 
Seperti disitat dari hellosehat berikut caranya tanpa mengonsumsi obat penurun kolesterol.

1. Ubah kebiasaan makan Anda
Obat kolesterol alami yang paling ampuh adalah dengan memerhatikan makanan yang di makan. Pasalnya, kadar HDL dan LDL dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, perlu mengontrol asupan makanan yang dimakan agar kadar HDL dan LDL tetap terjaga.
Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan LDL dalam darah. 
Contoh makanan yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya adalah jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan berminyak atau yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya. Berbagai makanan-makanan tersebut bisa jadi obat kolesterol alami.

2. Menurunkan berat badan
Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Hal ini karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang melakukan olahraga. 
Agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar menurunkan berat badan jika mempunyai berat badan berlebih. Karena menurunkan berat badan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh.

Tak perlu menurunkan berat badan sampai kurus. Cukup turunkan berat badan sampai mencapai berat badan normal. Efek penurunan berat badan ini sangat positif sekali terhadap kadar LDL dan HDL. Penurunan berat badan 5 kg saja sudah mampu mengurangi kadar kolesterol sampai 8 persen.
Lakukan penurunan berat badan ini dengan cara sehat, sehingga tidak hanya berat air yang berkurang tapi juga berat lemak. Cukup menargetkan penurunan berat badan sebesar 0,5-1 kg per minggu.

3. Lakukan olahraga teratur
Agar dapat menurunkan berat badan, harus melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. 
Hal inilah yang membuat olahraga bisa jadi obat penurun kolesterol alami. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per minggu agar manfaat ini bisa dirasakan.

4. Berhenti merokok
Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah. Berhenti merokok juga bisa jadi obat kolesterol alami yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi. 
Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

5. Hindari stres
Saat stres, ternyata kadar LDL bisa meningkat. Untuk itu, sebagai obat penurun kolesterol alami sebaiknya menghindari stres. Temukan aktivitas yang menyenangkan yang bisa membuat diri tenang, sehingga terhindar dari stres. Selain itu, harus mencukupi kebutuhan tidur. Kurang tidur bisa membuat tubuh stres.