Dampak Buruk Insomnia Yang Perlu Diketahui

Dampak Buruk Insomnia Yang Perlu Diketahui
Insomnia adalah keluhan tidur paling umum yang biasa terjadi pada banyak orang. Jika tidak segera diobati, insomnia dapat memengaruhi pekerjaan, kualitas hidup, bahkan kesehatan Anda.
Berikut adalah beberapa masalah yang akan dihadapi jika insomnia tidak segera diobati.
1. Mengganggu hubungan dengan orang lain
Seseorang yang menderita insomnia akan mudah tersinggung dan mood-nya bisa berubah secara dadakan. Hal ini membuat pasangan, teman, dan keluarga frustrasi menghadapinya. Penelitian menunjukkan, penderita insomnia cenderung sangat sensitif dengan hal-hal yang sepele.
Kondisi ini bisa terjadi karena kurang tidur memengaruhi amigdala, bagian otak yang terkait dengan emosi.
2. Stres meningkat
Studi yang dilakukan Universitas Chicago menemukan, tidur kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Meningkatnya denyut jantung, tekanan darah, dan glukosa darah bisa memicu terjadinya hipertensi, jantung, dan diabetes tipe 2.
3. Menambah berat badan
Kurang tidur bisa meningkatkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat.
Jika selama dua malam tidur Anda tidak berkualitas, hal ini bisa memicu rasa lapar berlebihan. Kondisi ini bisa merangsang hormon ghrelin untuk menambah nafsu makan dan mengurangi hormon leptin sebagai penekan nafsu makan.
4. Sulit berkonsentrasi
Sebuah studi tahun 2013 menemukan, orang-orang yang menderita insomnia menyelesaikan pekerjaanya dengan tidak efisien. Sementara itu, jika Anda mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin saat kurang tidur, Anda berisiko mengalami kecelakaan.
Kurang tidur juga membuat otak terasa lelah, sehingga membuat seseorang tak mampu berpikir dengan baik, serta berimbas pada menurunnya daya ingat.
5. Menurunkan gairah seksual
Sebuah studi menyebutkan, seorang pria yang mengalami kesulitan tidur akan membuat energinya lebih lemah. Pada akhirnya hal ini menjadikan aktivitas seks tidak bergairah.Maka berhati-hatilah, karena semakin lama gangguan tidur tidak diobati, semakin dalam pula insomnia bersarang di tubuh Anda.
Konsultasikan dengan dokter atau Terapi Alternatif untuk mencari solusi agar Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang baik.