Pentingnya Mengetahui Fakta Tentang Penyakit Darah Rendah


Pentingnya Mengetahui Fakta Tentang Penyakit Darah Rendah
Istilah penyakit darah tinggi memang terdengar sedikit lebih terkenal dari pada penyakit darah rendah. Padahal faktanya, penyakit darah rendah pun juga berbahaya jika di biarkan sama seperti penyakit darah tinggi.
Terdapat fakta-fakta menarik seputar darah rendah, Berikut pembahasannya :
- Tekanan darah rendah atau yang biasa disebut dengan hipotensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh rendah sehingga aliran darah ke organ-organ tubuh terganggu. Kondisi ini mengakibatkan efek-efek tekanan darah rendah muncul.
- Tekanan darah rendah tanpa disertai dengan gejala apapun biasanya tidak berbahaya.
- Saat berada dalam kondisi tekanan darah rendah, akan timbul beberapa gejala. Gejala-gejalanya tergolong ringan, seperti halnya pusing, hingga pingsan. Gejala seperti ini semakin terasa ketika seseorang melakukan posisi dari duduk ke berdiri dan dari berbaring ke posisi berdiri. Hal semacam ini biasa disebut dengan hipertensi ortostatik.
- Darah rendah dapat berakibat fatal. Karena darah rendah, aliran darah ke organ-organ menjadi kurang memadai. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.
- Tekanan darah rendah tidak terjadi begitu saja. Penyebabnya secara umum adalah berkurangnya volume darah, penyakit jantung, dan obat-obatan.
- Untuk mencari penyebab darah rendah seseorang, diperlukan tes darah terlebih dahulu. Selain itu, diperlukan juga studi radiologis dan tes jantung.
- Pengobatan penyakit darah rendah sendiri tak boleh sembarangan, Ladies. Hal ini dilihat dari penyebab darah rendah dahulu.