Pentingnya Terapi Pasca Stroke

Pentingnya Terapi Pasca Stroke

Stroke merupakan kondisi serius yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah atau aliran darah ke bagian otak terhalang oleh pembekuan darah. Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya. Mengembalikan kemampuan tubuh setelah terserang stroke merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan komitmen. Terapi pasca stroke merupakan bagian dari perawatan penyakit yang penting didapatkan oleh penderita stroke.
Kapan Sebaiknya Terapi Pasca Stroke dimulai?
Waktu yang dirasa tepat untuk segera memulai terapi pasca stroke adalah 24-48 jam setelah serangan, asalkan kondisi penderitanya sudah stabil. Dalam periode tersebut, penyedia layanan kesehatan akan membantu pasien terapi pasca stroke bergerak di tempat tidur. Fungsinya adalah memperkuat anggota gerak tubuh pasien, sehingga membantu pasien stroke untuk mampu merawat diri sendiri dan kembali melakukan aktivitas secara mandiri. Namun, terapi pasca stroke sebaiknya dimulai sesuai dengan anjuran dokter dengan mempertimbangkan kondisi pasien.
Rehabilitasi atau terapi stroke tidak dapat menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Untungnya, otak manusia mampu beradaptasi dengan cepat dan baik. Seiring berjalannya waktu, bagian otak yang berbeda dapat mengambil alih peran bagian otak lain. Sel-sel otak tertentu pun dapat pulih dari kerusakan sementara.
Macam-macam Terapi Pasca Stroke
Rehabilitasi atau terapi pasca stroke bertujuan untuk membantu pasien stroke mempelajari kembali kemampuan atau keterampilan yang hilang dan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Jenis dan derajat penurunan kemampuan yang dialami oleh pasien stroke bisa saja berbeda-beda. Terapi pasca stroke yang dilakukan pun sudah pasti tidak sama dan harus sesuai anjuran dokter atau terapis. Berikut adalah contoh bentuk-bentuk latihan yang biasa diberikan kepada pasien terapi pasca stroke.
Terapi memori
Banyak atau sedikitnya memori yang hilang setelah stroke tergantung pada usia, tingkat keparahan stroke, letak terjadinya stroke, dan kondisi kesehatan penderita sebelum terserang stroke. Ingatan yang hilang pada penderita stroke dapat diperoleh kembali dengan Terapi Memori.
Terapi gerakan
Merupakan salah satu bentuk fisioterapi stroke standar yang penting. Penelitian mengungkapkan bahwa terapi gerakan seperti treadmill, olahraga keseimbangan, dan mengangkat beban, terbukti meningkatkan kemampuan berjalan penderita stroke setelah satu tahun berlatih. Kualitas hidup semakin meningkat terlepas dari seberapa parah stroke yang diderita.

Terapi bicara
Setelah terkena stroke, gangguan bicara merupakan salah satu dampak yang dapat terjadi. Terapi bicara merupakan salah satu bagian dari terapi pasca stroke yang dapat dilakukan untuk membantu pasien stroke melatih kemampuan bicara, serta melatih otot-otot menelan dan berbicara agar kembali berfungsi.
Durasi terapi pasca stroke sangat bergantung pada tingkat keparahan dan komplikasi stroke, serta respon pasien terhadap terapi. Karena itu, penting bagi pasien dan keluarganya untuk mendiskusikan kepada dokter dan terapis, terkait penentuan jenis terapi pasca stroke yang tepat.